"Sedikit" Tentang Muslimah

22.57 3 Comments A+ a-

Hanya sekedar ingin berbagi ilmu, hasil dari menuntut ilmu di sebuah kajian.... Hehehe..... Materi yang aku dapatkan waktu itu, tentang Tanggung Jawab Wanita Muslimah. 

Wanita pada umumnya akan mengalami 2 periode. Yaitu periode sebelum dan setelah menikah. Dan pada setiap periode itu, seorang muslimah memiliki tanggung jawab yang harus dijalankan.

Yang pertama, tanggung jawab sebelum menikah:

a. Berbakti kepada orang tua
"Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukanNya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat, dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri" (Q.S An-Nisa : 36)

b. Menghormati karib kerabat orang tua
"Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. bertakwalah kepada Allah yang dengan nama Nya kamu saling meminta, dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu." (Q.S An-Nisa : 1)

c. Mendo'akan kedua orang tua
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil." (Q.S Al-Isra' : 24)

d. Memohonkan ampun bagi mereka.
e. Menunaikan janji keduanya
f. Menyambung persaudaraan dengan kerabat kedua orang tua.

Yang kedua, tanggung jawab setelah menikah:

6 poin yang sudah disebutkan di atas termasuk. Tapi ada 3 tambahan tanggung jawab lagi untuk seorang muslimah yang sudah menikah. Yaitu:

a. Tanggung jawab kepada suami.
b. Tanggung jawab kepada anak.
c. Tanggung jawab kepada keluarga suami.

Begitulah ilmu yang aku dapat. Jika ada kesalahan, kekurangan atau apapun, silahkan share... Hehehe..... semoga bermanfaat.... ^_^

3 komentar

Write komentar
auraman
AUTHOR
12 Desember 2010 pukul 15.03 delete

semoga bisa jadi istri soleha ya

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
16 Desember 2010 pukul 11.35 delete

@Kang Aul: Aminnnnnn ya Rabb..... :D
@Maseko cahyo: hehehe..... biasa aja ko.. :D

Reply
avatar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com