RAHASIA TERINDAH DIBALIK CITA-CITA

23.02 43 Comments A+ a-

Cita-cita merupakan suatu keinginan yang ingin dicapai di masa depan. Tentunya keinginan tersebut mengarah kepada kehidupan di masa depan yang lebih baik. Setiap orang tentunya memiliki konsep yang berbeda mengenai apa itu cita-cita dan bagaimana untuk dapat mewujudkan cita-cita tersebut.

Mulai dari umur 6 tahun tanpa disadari, kita memulai salah satu tahap untuk memikirkan, memilih dan menentukan mau jadi apa dan bagaimana kita di masa depan nanti. Walaupun di umur 6 tahun itu belum begitu banyak bertebaran ide-ide, tapi itulah awal. Awal dari segalanya. Karena di umur tersebut, merupakan umur dimana kita mulai “WAJIB” untuk mengikuti proses pendidikan di bangku sekolah, yang bisa dibilang merupakan modal awal untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik di masa depan. Kenapa dapat dikatakan wajib? Karena dari bangku pendidikan itulah kita mendapatkan pencerahan, ilmu tentang bagaimana dunia ini, bagaimana menyikapi hidup ini. Dari sana pula kita akan mendapatkan fondasi tambahan tetang kehidupan, setelah sebelumnya mendapat pembentukan dari keluarga. Karena berbagai hal diajarkan disana. Baik dari sisi agama maupun sosial jauh lebih mendalam

Pendidikan di negara kita seperti pada umumnya yang telah kita kenal. Dimulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Perguruan Tinggi (D3, S1, S2, dan S3). Biasanya pada tahap SD sampai SMA itu masih tahap-tahap mencari jatidiri dan cita-cita apa yang sebenarnya ingin dicapai. Maka dari itu, mulai masuk jenjang SMA kita mulai dijuruskan sesuai dengan minat dan bakat yang ada pada diri.

Apa sih sebenarnya tujuan kita mengikuti jenjang pendidikan? Apa kaitannya dengan cita-cita? Menurut konsep yang aku pahami selama ini, tujuan kita mengikuti pendidikan itu ada 3 hal. Pertama, karena aku seorang muslim, jadi hal apapun yang aku lakukan dalam kehidupan ini, aku niatkan tujuannya untuk ibadah lillahita’ala. Karena jika usaha aku dalam menempuh cita-cita aku melalui pendidikan ini untuk ibadah, tak akan sia-sia. Semuanya akan bermakna bagi aku pribadi maupun Allah aku. Kedua, aku merasa pendidikan itu adalah “gudang” ilmu, dengan ilmu yang aku dapatkan aku akan dapat memulai, merencanakan, dan melaksanakan apa yang menjadi cita-cita aku. Dan yang ketiga adalah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang nantinya akan membantu untuk menata hidup di masa depan.

Setelah sekian tahun digodog dalam dunia pendidikan, maka pada akhirnya kita mau tak mau harus terjun ke kehidupan nyata. Kehidupan yang sangat nyata akan dirasakan ketika sudah lepas dari bangku pendidikan. Ketika kita mulai menata karir dengan menelusuri setiap lowongan kerja yang ada. Baik itu di internet, koran bahkan sampai dari selebaran-selebaran. Yang aku rasakan, sebetulnya gampang-gampang susah untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang sesuai harapan.

Setelah aku lulus dari institusi pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi swasta di Bandung, mengalami penolakan lebih dari 10 perusahaan. Baik itu BUMN, CPNS maupun perusahaan swasta. Ada sedikit pengalaman yang memberikan banyak pelajaran kepada aku untuk bisa menerima kegagalan. Dan di balik kegagalan itu ternyata menyimpan hikmah yang sangat besar bagi aku.

Ketika itu sekitar satu minggu dari selesainya sidang Tugas Akhir (TA) di kampus. Aku mendapatkan info dari seorang senior. Katanya salah satu BUMN besar di negeri ini sedang mengadakan prekrutan besar-besaran. Aku disuruh untuk mengecek ke url yang mengacu ke web ECC UGM. Disana aku langsung melakukan pendaftaran online. Jujur, aku hanya iseng-iseng tak begitu berharap akan diterima. Karena aku merasa aku tidak begitu mampu untuk menghadapi tes-tes yang akan diberikan nantinya.

Singkat cerita, aku akhirnya bisa pergi ke Jogja untuk melakukan tes. Tepatnya di Graha Sapta Pramana (GSP) Universitas Gajah Mada (UGM). Tes tahap pertama, lolos. Begitupun dengan yang kedua dan ketiga. Alhamdulillah lolos terus. Beberapa waktu kemudian sehari setelah aku wisuda, tes tahap keempat dilaksanakan. Tepatnya di kota Semarang. Tes kesehatan. Tes yang paling aku takuti. Akhirnya setelah menunggu hampir satu bulan, pengumuman itu ada.

Ketika itu, langit serasa runtuh seketika, bumi terasa bergetar hebat, ya Allah aku tidak lolos di tahap tes kesehatan ini. Benar-benar rasa terpukul itu terasa sekali. Hari itu, aku benar-benar tidak bisa merasakan apa-apa. Makan tak nikmat, tidurpun tak nyenyak. Aku merasa, Allah ga adil. Aku sudah mendapatkan sahabat baru dengan tes itu. Kenapa harus dipisahkan dengan tidak lolosnya aku Allah? Benar-benar masa yang sangat membuat aku terpukul. Aku mencoba berkonsultasi dengan dosen aku dulu di kampus. Beliau berkata “Ika, kamu gagal di BUMN itu bukan berarti kamu bodoh, kamu gagal. Bukan Ika... Allah berarti masih punya rencana lain. Rencana yang lebih indah. Percayalah nak.” Sedikit melegakan nasehat beliau. Tapi tetap saja di pikiranku masih sedikit tersimpan rasa kurang menerima. Itu cita-citaku, itu harapanku. Walaupun awalnya iseng, tapi aku menjalaninya dengan sepenuh hati. Apakah dengan gagalnya aku masuk BUMN ini, cita-cita ku untuk mengamalkan ilmu aku, membahagiakan orang tua aku dan menggapai cita-citaku selanjutnya serta memperoleh penghasilan sendiri akan musnah? Allah, tolong beri aku jalan keluar.

1 minggu setelah kejadian itu, aku baru benar-benar bisa bangkit kembali, untuk menata kehidupanku selanjutnya. Aku mulai mencari-cari lowongan pekerjaan. Alhamdulillah, banyak panggilan dan banyak penolakan juga. Entah kenapa, ga ada yang pas dengan hati. Yang pada akhirnya tersisa 2 kesempatan. Yang pertama adalah perusahaan kontraktor raksasa dari jepang dan yang kedua adalah salah satu kementrian besar di negeri ini. Aku mengikuti tes di keduanya.

Di perusahaan jepang, Alhamdulillah aku lolos sampe akhir. Tapi tiba-tiba di hari yang sama aku mendapatkan kabar bahwa aku lolos juga di kementrian besar itu. Ya Allah, aku benar-benar bingung saat itu. Mana yang harus aku pilih??? Setelah berkonsultasi dengan keluarga, akhirnya saya putuskan mundur dari perusahaan Jepang dan masuk ke kementrian tersebut. Ya Allah, inikah rencana indahMu itu. Tak hanya aku yang merasakan bahagia. Keluarga pun begitu. Karena memang mereka dari awal mengharapkan aku bisa dapat masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di salah satu kementrian ataupun di daerah. Akhirnya aku mendapatkan yang terbaik menurutNya. Terimakasih ya Allah...

Setelah mendapatkan kabar baik itu, aku flash back mulai dari aku mengenyam bangku pendidikan dari paling dasar sampai paling tinggi. Semuanya sangat berkaitan. Sungguh sangat indah rangkaian skenario hidupku ini. Cita-citaku ini, tak harus seperti apa yang ada di benakku. Cita-citaku ini masih ada yeng mengatur. Dia adalah sang pencipta. Yang paling tau apa yang terbaik untuk hambaNya.  Walaupun aku tidak bisa masuk ke BUMN besar itu, aku masih bisa bergabung di kementrian yang tak kalah hebat. Selain itu, sahabat yang aku temui di tempat tes itu, malah semakin dekat. Dia banyak memberikan semangat kepadaku ketika aku menjalani hari-hari tes. Walaupun sekarang terpisahkan oleh jarak.

Sungguh indah rahasia di balik cita-citaku ini. Mulai sekarang aku akan selalu yakin, semua yang terjadi pada diriku ini sudah yang terbaik yang Allah kasih. Bahkan di dunia ini, semuanya sudah adil. Semuanya sudah diatur olehNya. Tak ada yang terlewat sedikitpun, walaupun itu hanya sebuah daun yang jatuh dari pohonnya. Semua sudah kehendakNya. 

43 komentar

Write komentar
Qefy
AUTHOR
20 Januari 2011 pukul 23.29 delete

Aduhaaaai, indah nian rencana Allah. Sampai-sampai tidak tepikir. Memang benar kalau indah pada akhirnya, indah pada saatnya. Perjuangan ika patut di contoh, sangat terlihat jatuh bangunnya demi mencapai cita2 yang di dambakan. Sekarang, semoga bisa selalu disyukuri dan dinikmati. Selamat ya, Allah telah memilih cita2 terbaik untukmu kawan. Salam Bloofers :)

Reply
avatar
auraman
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 00.16 delete

kan sudah pernah saya bilang denganmu dik, jangan menyerah.. tetap pandang kedepan. kenapa berani bilang, karena saya mengatakan apa yang pernah saya lihat,.. teruslah berjuang, kepakkan sayapmu kawand.. sekarang dah jadi PNS, berikan contoh kepada adik-adik mu kelak, baik di kuliah ataupun saudara... gimana PNS itu :D,...

Reply
avatar
wits
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 07.37 delete

Bersyukurlah selalu atas apa yg menimpa dalam hidup ini. Akan selalu ada hikmah yg menyertai. Selamat y telah mendapatkan yg terbaik dari Allah :)

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 08.18 delete

@Kang Qefy: Terimakasih kang... Yup, 2 bulan yang penuh dengan kerikil-kerikil tajam. Kesabaran terus diuji. Alhamdulillah, hikmah itu ada. Dan memang lebih indah dari apa yang dibayangkan... :)

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 08.20 delete

@Kang Aul: Yup, terimakasih atas nasehat-nasehat dan semangatnya kang. Insya Allah aku akan selalu berbuat yang terbaik di tempat aku mengabdi sekarang... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 08.22 delete

@Mba Wits: Iya mba. Terimakasih ya... Hehehe....
Allah memang selalu memberikan yang terbaik. Yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan :D

Reply
avatar
Daun
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 09.23 delete

Percayalah sobat apa yg diberikan ALlah pada hambanya itu adalah yg terbaik menurut Allah buat hambanya jangan pernah kufur nikmat tetapi ambil hikmah dan syukuri apa yg telah ALlah beriakn karena sekecil apapun itu merupakan anugerah terindah yg pernah kamu miliki dengan beryukur aku yakin anda akan mendapatkan nikmat yg lebih dari Allah.

Salam

Reply
avatar
zico
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 09.30 delete

mengambil lirik lagu dewa "hidup adalah perjuangan tanpa henti henti." setiap kegagalan yang kita alami adalah anugerah terindah agar mental 'survive' kita terbentuk dengan kuat. setiap keberhasilan diraih dengan kegagalan, pengusaha besar terbentuk dari kegagalan dari setiap usaha yang dicobanya di awal'2 dia merintis usaha. 'rasa syukur yang paling bermakna adalah disaat kita gagal' tetep semangat, kesempatan-kesempatan lain dalam kehidupan ini, selalu menanti'mu... ganbatte kudasai :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 09.42 delete

wah saya baru mau wisuda bulan maret ntar,,,,zaman sekarang cari kerja yang cocok itu susah banget ya,,,,syukur deh ,melihat cerita kamu jadi semangat dan selalu berdoa, ikhtiar dan usaha,,,,

Reply
avatar
naruto
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 14.41 delete

ceritanya seru banget neh.... engga semua orang bisa meraih mimpi termasuk saya... yg ptg ttp semangat

Reply
avatar
Bonitnotz
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 15.07 delete

Subhanallah...
jangan jauhkan hamba dari rasa syukur itu yaa Rabb.....

nice story... ^_^

selamat menikmati bahagiamu ika,... ^_*

Reply
avatar
situsonline
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 19.37 delete

Yang penting selalu berusaha,pasti yg di cita2kan akan terkabul.

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 21.56 delete

@Daun: Betul sekali.... Terimakasih sekali atas tambahan nasehatnya. Sangat bermanfaat... :)

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 21.59 delete

@Mas Zico: Ada ya lagu Dewa yg kaya gitu? Baru denger aku. Hehehe...
Yup, kegagalan betul sekali. Dengan seringnya gagal bukan berarti tidak akan sukses. Allah pasti selalu punya rencana indah... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 22.00 delete

@evrishare: wahhhhh.... baru mau wisuda ya? Sukses & selamat ya evri... :D
Semoga selalu dimudahkan dan selalu mendapatkan yg terbaik untuk ke depannya. Aminnnnn...
Terimakasih atas kunjungannya. Salam kenal... :)

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 22.01 delete

@Naruto: Terimakasih.... :D
Hey, jangan pernah menyerah. Tetap semangat!!! :D
Salam kenal ya... :)

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 22.03 delete

@Teh Bonit: Aminnnnnnn ya Rabb... :)
makasih tetehhh.... ^_^
Sukses juga buat teteh yaaaaaa... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
21 Januari 2011 pukul 22.04 delete

@Situs Online: Yup, betul sekali... :D
Terimakasih sudah berkunjung... :)

Reply
avatar
NIT NOT
AUTHOR
22 Januari 2011 pukul 09.27 delete

semuanya sudah di atur ama yang di Atas kan...dan itu pasti terasa indah... selamat ya...

Reply
avatar
BLACKBOX
AUTHOR
22 Januari 2011 pukul 13.23 delete

rencana Allah selalu memberikan yang pantas pada umatNya, postingan yang menarik, semoga bisa menang

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
22 Januari 2011 pukul 21.20 delete

komentar #21
*wah... ketinggalan...

selamat mbak, semoga selalu dapat melakukan yang terbaik... semangat!!!

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
23 Januari 2011 pukul 19.52 delete

saya ada cita-cita pengen masuk TV ni mak ika..

Reply
avatar
nurrahman
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 08.29 delete

yayaya,saya sampe hari ini masih bengong dan ga nyangka dah 2 tahun kuliah dijogja.dulu di solo ga kepikiran sama sekali

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 09.32 delete

@NIT NOT: Yup, betul sekali... Terimakasih :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 09.33 delete

@BLACKBOX: Amin, amin.... Terimakasih ya :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 09.34 delete

@dimasady: Hadeuuhh.... telat nih ngasih komen nya. Hahahaha.... :D
Amin..., aminnnnn... Terimakasih ya mas. :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 09.36 delete

@Kang Aul: Hhmmm... ya ya ya... Aku dah tau. Hahahaha... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 09.37 delete

@nurrahman: Hehehe.... Rencana Tuhan memang ga ada yg bisa menebaknya mas...
Terimakasih sudah berkunjung... :D

Reply
avatar
ESSIP
AUTHOR
24 Januari 2011 pukul 22.20 delete

Pilihan Allh itu pilihan terbaik loh

Reply
avatar
Diky
AUTHOR
26 Januari 2011 pukul 09.22 delete

Like this.. ALLAH Maha Mengetahui Segala Sesuatu..

Reply
avatar
Eky Yantia
AUTHOR
27 Januari 2011 pukul 12.51 delete

panjang banget teh blognya...
blum baca semuanya,,,tapi aku khan mengikuti perjalanan hidup teteh...
wkwkwkwk..
sayang yang nunggu travel di bawah pohon gag ditulis... :(

Reply
avatar
zuLHam
AUTHOR
3 Februari 2011 pukul 21.55 delete

teh riksa di kementerian mana nih?
zlamat yah! ;)

Reply
avatar
Daun
AUTHOR
4 Februari 2011 pukul 10.33 delete

Maaf boss baru bisa berkunjung soalnya saya sedang sakit dalam taraf penyembuhan

Reply
avatar
9 Februari 2011 pukul 08.48 delete

wah, selamat ya... ^_^
ikut seneng juga dengernya.... :))

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.44 delete

@Lozz Akbar: Sippp mas betul sekali.... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.45 delete

@Diky: Yup, benar sekali. Terimakasih sudah berkunjung... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.47 delete

@Eky: hahahahaha...... Maaf ki, kelupaan. :p
But, thank's ya atas bantuannya ketika itu.. ^_^

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.49 delete

@Zulham: Di kementrian Pekerjaan Umum kang. makasih ya... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.50 delete

@Daun: wah, sedang sakit ya??? Semoga lekas sembuh ya... Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkunjung... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.52 delete

@Satriya Ilham Firdus: Thank's.... :)
Terimakasih sudah berkunjung... :D

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
12 Februari 2011 pukul 16.53 delete

@Anita: Terimakaish mba anita. Minta doanya saja semoga selalu dimudahkan.... :D

Reply
avatar
fresh
AUTHOR
13 Februari 2011 pukul 23.48 delete

good motive....cuman apa karakternya ni ga lebih mba....

Reply
avatar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com