Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

14.39 23 Comments A+ a-

Hai Dy..... Kali ini aku mau sharing, ga akan coret2 puisi dulu. Hahahahah.....
Ini pengalamanku ketika hardisk eksternal tiba-tiba ga kedetek sama PC. Dunia serasa mau kiamat. Bayangkan, file2 aku dari jaman kuliah ada disana semua.

Hardisk ekternal aku merk Seagate, pernah terjatuh 3 kali dan benturan beberapa kali. Tapi dalam kondisi terbungkus pelindung. Malam sebelum kejadian aku memutar file video komedi dr hardisk itu menggunakan laptop. Ketika samapai di kantor, hardisk aku ga terbaca. Muncul perintah untuk di format jika mau menggunakan.

Sebetulnya masik kedetek di explore, tapi jadi tidak bernama dan ketika di klik drive hardisk nya muncul pesan minta di format itu. Setelah tanya kanan kiri, banyak berpendapat itu gara2 kabel datanya yg ga beres. Tp menurut aku asa ga mungkin kalo masalahnya dari kabel. Buktinya masih terbaca di komputer.
Akhirnya aku menggunakan senjata pamungkas, nanya ke mbah google. Dari berbagai macam artikel yg aku temukan, berikut langkah2 yang sudah aku praktekan samapi hardisk aku bisa sembuh kembali.... :D

1.  Masuk ke cmd. Caranya tekan lambang windows para keyboard sambil menekan huruf R. Lalu ketikan cmd, akan muncul halaman sebagai berikut:

Langsung klik "ok"

2. Setelah itu akan langsung masuk ke halaman cmd.... Langsung ketikan perintah chkdsk g: /r
chkdsk itu artinya cek hardisk, g: itu nama drive hardisk yg terbaca pada komputer /r perintah untuk membaca hardisk. Seperti tertera pada gambar berikut:


Gambar-gambar diatas merupakan proses yang berjalan ketika perintah chkdsk g: /r berjalan. Membutuhkan waktu semalaman. Aku mulai pukul 19.30 ba'da isya baru selesai pukul 6 pagi. Mungkin ini disebabkan file yang terdapat di dalam hardisk aku lumayan banyak. 

3. Jika pembacaan telah selesai, akan muncul sebagai berikut dalam halaman cmd nya....





Kemudian langsung coba cek di explore nya, Insya Allah akan muncul kembali seperti sedia kala... Hahahahah...... :)


23 komentar

Write komentar
fajar
AUTHOR
24 Maret 2012 pukul 20.56 delete

wah thanks gan ilmunya, ane jadi bisa banyak belajar di blog ini

Reply
avatar
Agen Bola
AUTHOR
4 Juni 2012 pukul 00.00 delete

mantap nih tutorialnya.. terima kasih gann..

Reply
avatar
aditia kirana
AUTHOR
4 Juni 2012 pukul 23.16 delete

gan, kalo hal ini gak bisa juga gmn...?

Reply
avatar
gilangsyahdat
AUTHOR
2 Juli 2012 pukul 09.56 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Fuad
AUTHOR
15 Agustus 2012 pukul 19.41 delete

makasih banget tekniknya ini, gara2 buka blog ini hardsik saya bisa terbaca lagi.. makasih :)

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
26 Agustus 2012 pukul 06.50 delete

klo setelah dieksekusi, malah hasilnya "unable to determine volume version and state. CHKDSK is aborted." setelah itu Local Disk (J) di explorernya hilang gmn ya..?

nb: Local Disk (J) adalah hardisk eksternalnya..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 Agustus 2012 pukul 10.50 delete

gan ane ga bisa soalnya format ane RAW bukan NTFS. bagaimana gan? thanks

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
28 Oktober 2012 pukul 12.15 delete

gan, gw ngalamin jg nih,,hd external gw tiba2 ga kebaca d laptop,,cara ny sama kah gan?
#panik

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 November 2012 pukul 14.25 delete

gan, kalo ada 5 partisi, yang mana yg harus di chkdsk gan? thx a lot

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
25 November 2012 pukul 15.08 delete

lokal disk nya gak keluar. HDD nya gak detect di explor, gimana tuh sob. cara nentuain nya

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
11 Januari 2013 pukul 07.28 delete

matur sembah nuwuuuun........

Reply
avatar
15 Januari 2013 pukul 09.16 delete

kok gak bisa ya dicoba bwt flasdis yang gak terbaca.. kalo flasdis pakek apa donk

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
1 Februari 2013 pukul 22.02 delete

thank's gan buat infox......

Reply
avatar
DoctoKid
AUTHOR
13 Februari 2013 pukul 03.10 delete

Thank You So Much....Appreciate it...

Reply
avatar
18 Februari 2013 pukul 10.52 delete

gan setelah saya coba munculnya koment ini gan "unable to determine volume version and state. CHKDSK is aborted."trus gmn???

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5 April 2013 pukul 14.28 delete

Thx yaaa...saya punya problem yang sama,setelah mencoba cara diatas langsung beres...makasiiiiih

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6 Mei 2013 pukul 09.49 delete

gimana kalau g kebaca sam sekali :(

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
7 Mei 2013 pukul 15.17 delete

Gan.. lo bilang pake CMD? Kalau pake CMD itu kalau hardisk eksternal kita itu masih bisa kebaca dan ada tulisan "F/" dsb. Kalau pas dicolokin dan langsung ada tulisan 'USB Not Recognized" Itu berarti sama sekali gak bisa kebaca, mana bisa pake CMD?? parah..

Reply
avatar
indrawira
AUTHOR
14 Mei 2013 pukul 12.12 delete

kluar tulisan cannot open volume for dirrect acces.
gimana tuh bro??
udah 2 hardisk eksternal udh ane coba ke laptop ane, tapi tetep gak kebaca di explore, tapi di control pannel ke detek hardisk nya..
bagaimana solusi nya ???

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
19 Juni 2013 pukul 07.32 delete

Maaf untuk pembaca semuanya. Karena kesibukan blog nya jarang saya perhatikan beberapa bulan ke belakang. Alhamdulillah kalo memang bisa bermanfaat pengalaman yang sudah ditulis.

Maaf jika masih belum bisa membantu....

Reply
avatar
Merah maroon
AUTHOR
21 Agustus 2013 pukul 00.09 delete

berapa jam itu CHKDSK nya??? :3

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
30 Agustus 2013 pukul 10.15 delete

Makasih banyak yaa infonya... akhirnya bisa kebaca lagi HD kuu...

Reply
avatar
White paper
AUTHOR
15 September 2013 pukul 19.06 delete

saya punya masalah sama.
Lagi saya coba...
Mudah-mufahan berhasil...

Reply
avatar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com