THE POWER OF KUNYIT.....

00.11 6 Comments A+ a-



Hanya sekedar ingin berbagi pengalaman hidup. Hehehe....

Aku pernah menderita suatu penyakit yang sangat memalukan. Kenapa dikatakan memalukan??? Karena penyakit ini, disebabkan karena keteledoran dan ketidakdisiplinan aku terhadap suatu hal. Hal yang sepertinya sangat terlihat sepele bagi orang yang belum pernah merasakan betapa tersiksanya jika sakit seperti aku. Lebay ya. Huahahahahaha..... Ya, aku menyepelekan jam makan. Dan pada akhirnya aku menderita mag. Bahkan pernah bisa dibilang hampir mendekati kronis, karena aku pernah sampe ga bisa gerak dan hampir kehilangan kesadaran karena merasakan sakit yang teramat pedih di daerah ulu hati dan perut. Jangan sampe deh kejadian itu terulang kembali.

Alhamdulillah..., setelah 3 tahun mencari, mencoba, dan terus berikhtiar untuk menyembuhkan sakit ini, akhirnya aku bisa sembuh TOTAL....

Aku ga akan berbicara dalam bahasa seperti seorang pakar kesehatan. Aku hanya berbicara apa yg pernah aku alami saja. Semoga bisa bermanfaat.

Penyebab penyakit mag yang pernah aku alami, disebabkan oleh beberapa hal:
1. Jam makan yang sering terlambat. Udah mah terlambat, ditambah aku teh suka makan makanan pedas. Kaya rujak, bakso, mie ayam, dsb deh..... Dan makanan itu sering aku makan dalam kondisi nasi belum masuk ke perut. Jangan sampe ditiru ya teman2.. Hehehe.....
2. Stress yang terlampau berlebihan. Ternyata eh ternyata stress juga bisa membuat produksi asam lambung menjadi berlebihan. Kenapa aku bisa stress??? Penyebabnya, aku masuk jurusan TI yang banyak bgt tugas. Hahahahaha...... Sebenernya bukan TI & tugasnya yg salah. Tapi aku yang kurang bisa memanage hati & pikiran agar tidak stress. Jangan ditiru juga ya teman2...
3. Jam tidur yang ga teratur. Hampir sama dengan stress dan jam makan yg ga teratur. Jam tidur yg ga beres juga bisa meningkatkan produksi asam lambung. Ini gara2 aku sering begadang ngerjain tugas2 kuliah & himpunan. Terlalu semangat nih. Hahahaha......

Nahhhhhh..... dikarenakan 3 hal itu sering aku ulangi, akhirnya lambung ini tepar juga. Dalam waktu 3 tahun itu, sudah berbagai macam dokter dan obat yang pernah aku temui. Mulai dari yang paling murah, sampai yg paling mahal. Mulai dari obat yg paling manis sampai obat yang paling pahit. Tapi hasilnya tetap saja nihil. Ga sembuh. Obat2 yg aku konsumsi, hanya untuk meredakan sakit dikala itu saja. Itu sich yg aku rasakan. Hahahahaha.....

Pada masuk masa kuliah semester 5, aku mencoba mulai mencari obat untuk lambung aku, tapi yg tradisonal. Akhirnya kata si mamah, “coba deh minum air koneng (dalam bahasa indonesia kunyit kuning)”. Awalnya aku membayangkan betapa ga enaknya air kunyit.... Tapi ya mau ga mau kudu dicoba. Hehehe.... Cara membuat air kunyit seperti ini:
1. Pilih kunyit dengan ukuran besar, agar mudah untuk diparut. Sukur2 kunyit nya itu masih dalam keadaan utuh dengan bonggolnya. Untuk sekali minum cukup 2 kunyit ukuran besar.
2. Kupas kulit kunyit hingga bersih. Kemudian cuci dengan air. Biar ga kotor. Kan suka kotor2 tuh si kunyit nya. Hahahaha......
3. Parut kunyit tersebut.
4. Setelah itu, dalam wadah hasil parutan kunyit, tuangkan air secukupnya. Kalo aku mah suka ¼ gelas air. Gelas yg ukuran normal ya.
5. Siapkan saringan. Kalo aku sich biasanya pake saringannya dari kain. Saputangan ato apa gitu. Soalnya hoream plus ga ada duit bwt beli saringan yg bagus. Wakakakakakaka.......
6. Lalu diminum deh langsung air hasil saringannya. Hahahaha.....

Nahhh..., kalo bisa minum air kunyit itu pagi hari sebelum sarapan. Terus rutin lakukan hal tersebut. Sampe mag nya ga kambuh2 lagi. Hehehe..... Oya ada warning dikit, nanti tangan siap2 jadi kuning ya. Hahahahaha.... Aku suka dikatain sama temen2 kampus “tukang jamu”, gara2 tanganku sering kuning2. Wakakakakaka...... kalo ga mau kuning, pake sarung tangan dari plastik aja. Tapi aku ngerasa lebih higienis langsung pake tangan. Hehehehhee......

Setelah sekitar 3 bulan aku rutin konsumsi air kunyit dan lambung sudah mulai enakeun, aku perkuat dengan mengkonsumsi jamu kunyit putih. Ketika aku mengonsumsi kunyit putih, air kunyit kuning aku stop dulu. Tapi sekedar peringatan, kata dokter yang menulis sebuah buku kesehatan, kunyit putih boleh dikonsumsi sebagai obat, hanya dalam jangka waktu maksimal 1 bulan saja.

Jamu kunyit putih ini, aku ga bikin sendiri. Tapi beli di mba2 yang jual jamu. Jadi ya cari saja ya di mba2 jamu. Hahahaha..... Setelah satu bulan berlalu, aku melanjutkan minum kunyit kuning lagi. Sampaiiiii sekarang. Alhamdulillah, sehat... Kalo lagi males bikin sendiri air kunyit nya, aku suka beli jamu kunyit yg instan. Tapi ga seenak kunyit bikinan sendiri. Hahahahha.....

Hal-hal yang dikurangi ketika masa2 pengobatan:
1. Makan bakso & mi ayam.... Karena dua makanan itu bener2 paling manjur bikin mag aku kumat. Alhasil sudah 2 tahun lebih aku ga menyentuh dua makanan itu. Huahahahah.... Kangen juga sich. Hiks.... Walaupun kangen, aku dah sembuh. Ga mau nyentuh lagi, maaf ya bakso & mi ayam. hehehe.....
2. Minuman soft drink & asam (yoghurt & minuman buah2an yg asam). Trus satu lagi, KOPI. Untungnya jenis2 yg ini aku ga suka. So, ga terlalu mengkhawatirkan. Wakakakakaka...
3. Mi instan & Nasi goreng... Dua makanan ini bikin pencernaan aku tambah berat. Kalo mau makan nasi kuning aja. Soalnya kan mengandung kunyit. Hehehe....
4. Stress & begadang. Kan kata bang Rhoma juga “begadang jangan begadang” hehehehe.....
5. Sambal, cengek, cabe, atau apapun yg rasanya pedas. Hahahahaha.....
6. Kalo lagi kumat mag nya, jangan makan makanan yg keras. Isi perut dengan makanan lunak dulu.

Oya, satu lagi. KATANYA ya..., sering rajin minum air kunyit ada efek samping lain lho. Menghaluskan kulit & menambah nafsu makan. Hahahahaha.... Alhasil terasa deh kulit ku tambah kinclong & ga perlu pake produk kosmetik penghalus kulit. Wakakakakaka.... Da emang aku mah ga pernah pake. Hihihihihi...... Jadiiiiiiiii, bisa menghemat budget deh. Hehehehe..... Selamat mencoba (Kalo mau. Hahahaha.....) Semoga bermanfaat... ^_^

6 komentar

Write komentar
Nina Agustina
AUTHOR
31 Oktober 2010 pukul 17.13 delete

heuheu..sama suka pedes dan kadang males makan siang..:D

Salam kenal ya mbak

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
31 Oktober 2010 pukul 18.47 delete

Pedes memang bikin ketagihan. hahahaha....

Salam kenal juga teh... ^_^

Reply
avatar
Qefy
AUTHOR
31 Oktober 2010 pukul 19.51 delete

Adaaaaaaaaaaaaaa ada aja. Saia paling suka makan sawoooo. Haha..., oia mau tanya donk. Kalo misal suka ngantuuuuk gt kalo udah di depan meja itu obatnya apa ya? Haha///

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
31 Oktober 2010 pukul 20.21 delete

Jadi kana sawo geuning iyeu teh??? Hahahahaha..... Apa ya??? Obatnya ya semangat. Cintailah "meja" akang. Pasti ga akan pernah ngantuk deh. hahahaha....

Reply
avatar
Qefy
AUTHOR
1 November 2010 pukul 11.09 delete

makin cinta ya makin ngantuk, wakak..

Reply
avatar
ikaru22
AUTHOR
1 November 2010 pukul 11.40 delete

yawdah sambil melakukan hal yg akang suka aja. Hahahaahaha.....

Reply
avatar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com